MARKETING INSIDE

Sebelumnya aku ingin mengutip satu tulisan dari Day dan Montgomery (1999), yang menyebutkan bahwa kegiatan pemasaran telah bergerak sangat dinamis, hal ini dikarenakan oleh :
  1. Tercipta Knowledge Economy,
  2. Globalisasi dan Konsolidasi Industri .
  3. Fragmentasi dan pasar nirfriksi  
  4. Konsumen yang kian pemilih dan memahami hak-haknya. 
  5. Organisasi yang adaptif. 

Dari 5 point di atas, masih ada 1 point lagi yang membuat dunia pemasaran menjadi semakin kompleks, yakni perkembangan Teknologi Informasi, mungkin 6 faktor ini juga yang menyebabkan banyak kegiatan usaha, baik itu dalam skala ritel mau wholesaler  gulung tikar atau dalam sekop yang normal melakukan PHK bagi karyawannya karena persoalan Efisiensi biaya produksi. Kemudian pertanyaan yang muncul adalah kenapa bisa gulung tikar? Ya yang pasti jawabannya karena tidak mampunya melihat satu cekung pasar atau desain baru pasar yang juga berubah dengan perkembangan zaman, bahkan hampir semua dari proses kegiatan pemasar menjadi usang, ( dalam tanda kutip untuk beberapa hal) – yang dihadapkan dengan sebuah persaingan yang sangat terbuka dan keras.
SO .. apa yang Harus dilakukan ?
Sebelum menjawab apa yang harus dilakukan !! maka satu hal yang perlu di ingat untuk setiap pemasar dari perusahaan, tentang siapa pasar mereka? siapa target sellingnya? tapi g berhenti saja sampai disitu karena pada dasarnya mereka itu bukanlah satu objek yang konstan, mereka juga terus mengalami dinamisasi, bahkan konsumen dewasa ini menjadi semakin pemilih dan sadar akan hak-haknya untuk memperoleh yang terbaik, dalam jenis produk maupun layanan.
Dan yang perlu di garis bawahi lagi adalah :
BIAYA UNTUK MEMBERIKAN LAYANAN INIPUN TERUS BERTAMBAH BESAR DARI WAKTU KE WAKTU !!!
Nah inilah satu relita yang dihadapi dalam Era yang sekarang, makanya di perlukan satu strategi baru dalam setiap komunikasi produk, bagaimana mengemas aktivitas pemasaran yang jitu yang tepat sasaran dan yang pasti tetap proposional.
Dan Itulah yang menjadi tugas untuk tiap Pemasar  (^_^)


Share : 
Joint   : CP :081241870017

Komentar

Postingan Populer