DAN BERMETAMORFOSIS-LAH

Lihatlah kupu-kupu, terutama yang mewakili warna sayap indah, bentuk awalnya tentu bukanlah demikian. Tadinya, dia hanya kepompong, berubah menjadi ulat lalu terus bermetamorfosis hingga menjadi  kupu-kupu yang bisa terbang indah. Saat berbentuk kepompong, tidak banyak orang yang meliriknya, Apalagi saat menjadi ulat, sebagian besar orang bahkan mungkin enggan membayangkannya, karena dianggap menjijikkan. Tapi saat sudah berubah menjadi kupu-kupu yang indah, banyak orang tertarik menyentuhnya.


Terlepas dari siklus alamiah seekor kupu-kupu , perubahan bentuk  membuatnya  bertahan hidup hingga  memiliki daya pikat tersendiri. Andai  kepompong  tadi tidak berubah wujud, dia akan terus terlihat buruk dan ujungnya mati bersama keburukan itu. Kalau tidak berubah secara berkelanjutan , suatu saat dia tidak akan jadi apa-apa .


Demikian juga manusia, bila tidak mengubah diri terus menerus, tidak akan mencapai  kemajuan apa-pun. Perubahan adalah kata kunci kalau ingin memperbaiki diri, secara ekstrem, bahkan ada kalimat bijak yang mengatakan: berubah atau mati. Pesannya cuma satu, kalau ingin mengubah hidup,  anda harus lebih dulu mengubah diri. Dan kalau ingin mengubah diri, mantapkan dulu persepsi anda  tentang perubahan itu.



Hanya orang yang paling bijaksana dan paling bodoh yang tidak pernah berubah
(konfusius , Filsuf legendaris Cina)




Guru terbaik adalah kesalahan terakhir yang anda lakukan .
(Ralp nader, Kandidat presiden AS tahun 1992-2008)

Prasangka adalah turunan dari kebodohan
(William Hazlitt, penulis Inggris)




Hanya Anda sendiri yang dapat mengubah hidup anda . Orang lain tidak akan dapat melakukannya untuk anda.
(Carol Burnett, Aktris Amerika Serikat)


Kesempurnaan karakter moral terdiri dari kemampuan melewati hari seolah-olah itu adalah hari terakhir kita di dunia. 
( MARCUS AURELIUS)


Kita hidup didalam budaya yang berusaha sangat keras untuk menyangkal kematian. Kita tidak mengatakan orang meninggal, melainkan kita menggantikan kata-katanya dengan mengatakan mereka berpulang, pergi ke tempat yang lebih baik, atau berakhir masa hidupnya.



Operasi plastik dan obat–obatan adalah cara untuk menyangkal proses penuan. Namun, anda tidak benar-benar hidup sampai bisa menerima kematian anda. Jika anda tidak pernah berpikir bahwa kehidupan memiliki waktu yang terbatas, Anda tidak akan pernah khawatir  tentang hal yang dilakukan. Anda bertindak seolah-olah punya waktu untuk segalanya, tetapi sebenarnya anda telah kehilangan hal-hal yang paling penting.


 Ada pepatah lama Amerika yang sangat bijaksana. Pepatah itu berkata tentang kematian yang dapat mengingatkan betapa berharga waktu yang kita mliki. Berikut adalah pepatah tersebut :


“menjunjung kematian pada bahu anda dapat mengingatkan untu hidup di saat ini".


Rahasia kebahagiaan :

Hiduplah dengan kesadaran akan kematian Anda.


Posted by : Dr.Bernie Siegel. Pesan harian (2002) 

Komentar

Postingan Populer