PEDULI TERHADAP PENGEMBANGAN DUNIA AGRIBISNIS KEMAL AND NASSER INSTITUTE GELAR ORIENTASI AGRIBISNIS DI KONAWE


Sebagai wujud kepedulian terhadap pengembangan dunia pendidikan dan Agribisnisdi wilyah Sulawesi Tenggara, secara khusus Kabupaten Konawe Kemal and Nasser Institute sebuah lembaga nir laba yang berfokus pada pengembangan sumberdaya manusia, budaya dan kewirausahaan, bekerjasama dengan PT.Argo Daya Capital, Syngenta, BP3K Kecamatan Lambuya, serta beberapa Volunter dari Mahasiswa Universitas Lakidende menggelar kegiatan orientasi Agribisnis, pada sabtu 07 Maret 2015 kemarin.
 
Peserta kegiatan Orientasi Agribisnis saat dokumentasi saat sesi Lapangan


Kegiatan berlangsung di areal perkebunan PT. Argo Daya Capital yang beralamat di desa tanggobu kecamatan Lambuya Kabupaten Konawe ini, mengangkat tema Vitalisasi mindset Kebangsaan dan semangat Kewirausahaan dalam diri generasi muda sebagai Langkah menciptakan pengusaha pengusaha Tangguh, kegiatan ini di ikuti oleh puluhan siswa dari beberapa sekolah menengah atas se Kabupaten Konawe. 

Dr. Machmud Achmad, MM Founder Kemal dan Nasser Institute dalam siaran persnya menyebutkan, bahwa kegiatan ini merupakan peran yang kami ambil sebagai langkah yang sangat strategis untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik bahwa kegiatan Agribisnis adalah kegiatan yang menyenangkan, dan sektor ini ketika di tekuni maka akan menjadi satu solusi untuk persoalan lapangan pekerjaan, Machmud Juga menambahkan bahwa selama ini kebanyakan para generasi muda menempuh jenjang pendidikan hingga perguruan tinggi dengan motivasi ingin menjadi pegawai, dan sangat sedikit dari mereka yang bercita cita ingin menjadi seorang pengusaha terutama di bidang Agribisnis, padahal jika sektor ini di tekuni akan memberikan hasil yang sangat luar biasa.

Selain itu kegiatan yang dimulai pukul 5:30 sampai dengan 17:30 Wita ini, di isi dengan berbagai kegiatan lapangan, diantaranya peserta di ajari tentang bagaimana mengembang biakkan tumbuhan secara vegetatif buatan melalui proses sambung pucuk, Siswa juga di perkenalkan tentang metode budidaya tanaman jagung, pisang dan ubi, serta tidak ketinggalan orientasi secara lebih luas tentang Perkebunan Kelapa Sawit mulai dari hulu sampai hilir. 

Disamping kegiatan Lapangan, peserta juga wajib melakukan sebuah riset tentang aktivitas mereka yang kemudian di kembangkan dalam bentuk laporan kegiatan, dimana laporan tersebut harus mereka persentasikan di hadapan peserta lainnya dan mentor pendamping. Tidak ketinggalan pula dalam kegiatan ini panitia juga menyiapkan program pembinaan kerohanian melalui kegiatan sholat berjamaah dan kultum yang dibawakan oleh Irfan Mansyur Siswa perwakilan dari SMK PP Negeri Wawatobi Konawe. Sementara itu Evi Ariyani salah satu perwakilan dari SMA Negeri 1 Puriala menyebutkan bawa dirinya merasa senang dapat menjadi peserta dalam kegiatan Orientasi Agribisnis ini, selain mendapatkan banyak teman baru, siswa yang juga keluar sebagai peserta terbaik dalam event ini menuturkan bahwa dirinya menemukan banyak ilmu dibidang Agribisnis, dan kedepannya ia berharap agar kegiatan seperti ini terus di lakukan.




Pintu masuk keareal lokasi pelaksanaan kegiatan Orientasi Agribisnis


Ditempat yang terpisah Tedi Hendratno, S.Pd, M.Si Corporate Secretary PT. Argo Daya Capital yang juga membawakan orientasi tentang wawasan perkebunan Kelapa Sawit, menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan awal yang nantinya tetap akan di tindak lanjuti dalam program program yang lain, termasuk akan di gelarnya kemah Agro yang rencananya akan di gelar pada bulan depan, dan kami akan melibatkan peserta yang lebih banyak lagi tentunya dengan program pengembangan pendidikan di bidang Agribisnis yang lebih konfrehensip. sekaligus menutup siaran persnya Tedi juga menambahkan bahwa dirinya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam menyukseskan kegiatan ini, serta berharap ilmu yang di dapatkan dari program ini semoga bisa di praktekkan oleh para peserta di lingkungan mereka.

Komentar

Postingan Populer