INDUSTRI MICE DI TENGAH WABAH COVID 19

Wabah Covid 19 telah melanda dunia termasuk Indonesia, keadaan ini telah berpengaruh besar pada seluruh sendi kehidupan, baik itu social, ekonomi maupun keamanan. Pemerintah sudah berupaya secara maksimal untuk mengatasi keadaan ini, berbagai metode penanganan sudah dilakukan yang tentunya teman teman semua dapat melihat berbagai kebijakan tersebut melalui media massa.



Saat ini sudah bukan waktunya lagi untuk berkeluh kesah, peristiwa ini sudah banyak memakan korban,menimbulkan kerugian dari sisi Industri, tidak terkecuali Industri MICE dan event. Sebagaimana kita ketahui bahwa Industri event, tourism dan derivatifnya hampir 75% digerakkan oleh sektor UMKM, rental mobil, penyewaan Sound System,Pekerja event lepas, pemandu wisata, jasa cetak Promosi, venue, vendor event equipment dan masih banyak lagi penyokong industry ini terancam gulung tikar, belum lagi sektor utama MICE yaitu Hotel kemudian penerbangan yang sudah pasti mengalami kerugian sangat besar.


Menurut riset IVENDO ( Industri Event Indonesia) kerugian yang diderita oleh Industri event secara nasional mencapai sekitar 6,9 Triliun, angka ini meliputi kerugian akibat penundaan event, pembatalan kontrak, serta potensial income yang hilang akibat adanya wabah covid 19 ini, dimana angka tersebut pasti akan terus bertambah jika kondisi perusahaan perusahaan penyelenggara event ini sampai mengalami kebangkrutan dan menjual semua asetnya.



Kita berharap kebijakan untuk melakukan PSBB semoga memberikan implikasi yang positif terhadap penanganan wabah covid 19, sehingga Indonesia benar benar bisa keluar dari musibah yang cukup panjang ini, dan kita semua bisa kembali bekerja seperti sedia kala. Mari bersatu padu, mendukung apa yang baik untuk Negara kita. Dalam setiap harapan selalu ada kesempatan yang Tuhan berikan. Didalam harap kita berdoa, Alfatihah. Amin.

Komentar

Postingan Populer