PEMANFAATAN PR UNTUK UMKM


Assalamualaikum.
Semoga segala aktivitas yang tengah berjalan senantiasa sukses serta tetap dalam lindungan Allah SWT, dan yang pasti tetap semangat, selalu optimis dalam bekerja untuk  mencapai target yang sudah ditetapkan.

BAIK TEMAN TEMAN SEKALIAN, DALAM SESI SHARING MELALUI BLOG INI, SAYA INGIN BERBAGI  TENTANG  PEMANFAATAN PR UNTUK UMKM

SEBELUM JAUH,  MARI KITA PAHAMI TERLEBIH DAHULU DEFENISI DARI PR. PR ITU MERUPAKAN KEPENDEKAN DARI PUBLIC RELATION ATAU DALAM BAHASA INDONESIA ADALAH HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS), Yang secara khusus dapat diartikan, sebagai kegiatan komunikasi untuk membangun Citra yang positif bagi perusahaan (Brand)

Dan memang Perlu diketahui jika pemanfaatan PR, awalnya hanya untuk perusahaan perusahaan yang sudah establish tetapi  aktivitas dan konsep PR sangat bisa diterapkan dalam kegiatan UMKM



Hubungan masyarakat atau yang lebih dikenal dengan Public Relations (PR) memiliki kaitan yang sangat berhubungan erat dalam berwirausaha. Peran PR sangat membantu para pelaku usaha kecil menengah (UKM) dan juga usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan baik secara finansial dan juga penjualan. Selain itu di era modern saat ini, peran PR juga mendukung dalam pemasaran sebuah produk sehingga PR telah menjadi bagian dalam strategi pemasaran.



Jadi di awal awal, kegiatan komunikasi sebuah Brand atau usahA, itu hanya memanfaatan media utama, seperti Koran, TV, Radio, tapi dengan perkembangan dunia digital, yang berbasis kepada internet , maka muncullah social media seperti Facebook, Instagram, youtube, dan ada juga Blogger
Seperti  penjelasan diatas mengepa harus di Integrasikan ? karena memang ada dampak yang berbeda dari chanel yang mengusung informasi. Media utama ( _Media mainstream_) masih menjadi satu media yang memegang utuh unsur akurat dan kredibel (terpercaya ), jadi usahakan membuat target agar usaha kita bisa masuk dalam ulasan media utama.

Di Makassarkan ada banyak jenis media utama, ada Koran, TV, Radio, dan beberapa media online lainnya, usahakan bisnis teman teman, ada yang di ulas oleh salah satu media utama ini, yang kemudian hasil ulasannya,bisa menjadi materi untuk di posting pada chanel promosi yang kita miliki sendiri, baik itu facebook, instagram atau Youtube.


Ini adalah manfaat dari pemanfaatan PR untuk UMKM,

Jadi pada dasarnya dengan menguatkan Aktivitas PR, dengan berbagai chanel Promosi yang dapat dimanfaatkan, serta perencanaan komunikasi yang baik ,kita dapat membangun usaha kita, dan memberikan citra yang positif ke masyarakat terkait usaha atau brand yang kita usung, ilustrasinya adalah seperti Gambar dibawah ini :





Komentar

Postingan Populer