PEMANFAATAN PR UNTUK UMKM
Assalamualaikum.
Semoga segala aktivitas yang tengah berjalan senantiasa
sukses serta tetap dalam lindungan Allah SWT, dan yang pasti tetap semangat, selalu optimis dalam bekerja untuk mencapai target yang sudah ditetapkan.
BAIK TEMAN TEMAN SEKALIAN, DALAM SESI SHARING MELALUI BLOG INI, SAYA INGIN BERBAGI TENTANG PEMANFAATAN PR
UNTUK UMKM
SEBELUM JAUH, MARI KITA PAHAMI TERLEBIH DAHULU DEFENISI
DARI PR. PR ITU MERUPAKAN KEPENDEKAN DARI PUBLIC RELATION ATAU DALAM BAHASA
INDONESIA ADALAH HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS), Yang secara khusus dapat
diartikan, sebagai kegiatan komunikasi untuk membangun Citra yang positif bagi
perusahaan (Brand)
Dan memang Perlu diketahui jika pemanfaatan PR, awalnya
hanya untuk perusahaan perusahaan yang sudah establish tetapi aktivitas dan konsep PR sangat bisa
diterapkan dalam kegiatan UMKM
Hubungan masyarakat atau yang lebih dikenal
dengan Public Relations (PR) memiliki kaitan yang sangat
berhubungan erat dalam berwirausaha. Peran PR sangat membantu para pelaku usaha
kecil menengah (UKM) dan juga usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan baik secara finansial dan juga penjualan.
Selain itu di era modern saat ini, peran PR juga mendukung dalam pemasaran
sebuah produk sehingga PR telah menjadi bagian dalam strategi pemasaran.
Jadi di awal awal, kegiatan komunikasi sebuah Brand atau
usahA, itu hanya memanfaatan media utama, seperti Koran, TV, Radio, tapi
dengan perkembangan dunia digital, yang berbasis kepada internet , maka
muncullah social media seperti Facebook, Instagram, youtube, dan ada juga
Blogger
Seperti penjelasan
diatas mengepa harus di Integrasikan ? karena memang ada dampak yang berbeda
dari chanel yang mengusung informasi. Media utama ( _Media mainstream_) masih
menjadi satu media yang memegang utuh unsur akurat dan kredibel (terpercaya ),
jadi usahakan membuat target agar usaha kita bisa masuk dalam ulasan media
utama.
Di Makassarkan ada banyak jenis media utama, ada Koran,
TV, Radio, dan beberapa media online lainnya, usahakan bisnis teman teman, ada
yang di ulas oleh salah satu media utama ini, yang kemudian hasil
ulasannya,bisa menjadi materi untuk di posting pada chanel promosi yang kita
miliki sendiri, baik itu facebook, instagram atau Youtube.
Ini adalah manfaat dari pemanfaatan PR untuk UMKM,
Jadi pada dasarnya dengan menguatkan Aktivitas PR, dengan
berbagai chanel Promosi yang dapat dimanfaatkan, serta perencanaan komunikasi
yang baik ,kita dapat membangun usaha kita, dan memberikan citra yang positif
ke masyarakat terkait usaha atau brand yang kita usung, ilustrasinya adalah
seperti Gambar dibawah ini :
Komentar