TAHAPAN PENGEMBANGAN BRANDING
Assalamu Alaikum
Halo Apa kabar ?
Semoga semuanya sehat selalu ,
OPTIMIS PASTINYA UNTUK TERUS BERKARYA.
Ya sudah tidak usah lama lama, langsung saja kita mulai
sharing kita DALAM SESI ini, adalah tentang TAHAPAN PENGEMBANGAN
BRANDING. TEMAN TEMAN SEKALIAN, BICARA TENTANG BRANDING, SEBENARNYA
TIDAK JAUH JAUH DARI KEGIATAN PROMOSI JUGA ( SAYA MENYAMPAIKAN DALAM KONTEKS
YANG SEDERHANA) JADI MENGAPA KITA HARUS BELAJAR TENTANG BRANDING, SALAH SATU
TUJUANNYA ADALAH UNTUK MENGUATKAN AKTIVITAS KOMUNIKASI PRODUK YANG KITA
HASILKAN PADA MARKET YANG KITA TUJU
Tapi Sebelum lebih jauh membahas tentang topic ini, kita
pahami dulu pengertian atau Defenisi Branding. Dan dalam kesempatan
kali ini saya ingin mengutip pengertian Branding Menurut Philps Kotler:
Menurut Kotler, pengertian branding adalah
pemberian nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi dari
kesemuanya, yang dibuat dengan tujuan untuk mengidentifikasikan barang atau
jasa atau kelompok penjual dan untuk membedakan dari barang atau jasa pesaing,
Karena sebuah brand adalah identitas dan kegiatan branding
akan menyangkut pada pengenalan identitas tersebut pada masyarakat, maka dalam
proses branding tersebut, kita harus memahami
unsur-unsur yang harus disertakan agar produk kita menjadi sebuah brand yang
top mind. Adapun Unsur-unsurnya yang harus kita penuhi adalah:
YANG PERTAMA NAMA MEREK
Nama adalah hal pertama yang harus dipenuhi jika kita akan melakukan
branding. Tanpa sebuah nama, maka produk tidak akan memiliki identitas yang
akan memudahkannya untuk dikenali masyarakat
Nah jika ada dari teman teman ada yang
masih kebingungan untuk menentukan nama dari Produk yang anda miliki, mungkin
beberapa langkah berikut ini bisa menjadi panduan dalam menentukan sebuah nama
untuk Brand anda:
YANG KEDUA KONSEP LOGO
Dalam pembuatan logo, perhatikanlah faktor keunikan dan ide
apa yang anda usung pada produk yang anda buat. Logo yang unik, khas sesuai
produk anda akan meninggalkan kesan tak terlupakan bagi konsumen. Dalam
pembuatan logo ada beberapa konsep dalam pembuatan Logo, gambar dibawah ini
bisa teman teman jadikan sebagai referensi
YANG KETIGA TAMPILAN VISUAL
Nah setelah nama atau merek produk sudah ada, kemudian Logo
produk sudah dibuat,maka tahap selanjutnya adalah membuat tampilan visual,
ini bisa diaplikasikan pada desain produk, desain kemasan, desain
seragam, dan lain sebagainya. Menggunakan tampilan visual dengan
warna-warna yang cerah atau elegan akan menambah pencitraan terhadap sebuah
produk. Sekarang teman teman bisa menentukan mau menggunakan pilihan warna apa,
dan ingat setiap warna akan memberikan makna tersendiri .
YANG KEEMPAT JINGEL
Teman teman sekalian untuk item ini, bisa saja tidak ada tapi
saya menyarankan sebaiknya direncanakan untuk di adakan kedepannya, jadi mulai
sekarang sudah dipikirkan memang akan sepertiapa konsep jingle nya. Karena
kehadiran sebuah lagu ATAU jingle akan melengkapi unsur visualisasi
branding dan membuatnya lebih indah dan lebih diingat,
YANG KELIMA SLOGAN, ATAU TAGLINE
Slogan atau Tagline yang cerdas selalu meninggalkan kesan
mendalam. Dalam proses pembuatan brand, gunakan kata- kata yang memiliki unsur ceria
dan positif, mudah diingat, dan beda dari brand lain.
Oke teman teman, terima kasih untuk sharing kali ini, kalau
ada yang ingin bertanya atau berbagi pengalaman langsung aja ya, comment
dibawah. Terima kasih
Komentar