TAHAPAN PENGEMBANGAN BRANDING



Assalamu Alaikum
Halo Apa kabar ?
Semoga semuanya sehat selalu ,
OPTIMIS PASTINYA UNTUK TERUS BERKARYA.

Ya sudah tidak usah lama lama, langsung saja kita mulai sharing kita DALAM SESI  ini, adalah tentang TAHAPAN PENGEMBANGAN BRANDING.  TEMAN TEMAN SEKALIAN, BICARA TENTANG BRANDING, SEBENARNYA TIDAK JAUH JAUH DARI KEGIATAN PROMOSI JUGA ( SAYA MENYAMPAIKAN DALAM KONTEKS YANG SEDERHANA) JADI MENGAPA KITA HARUS BELAJAR TENTANG BRANDING, SALAH SATU TUJUANNYA ADALAH UNTUK MENGUATKAN AKTIVITAS KOMUNIKASI PRODUK YANG KITA HASILKAN PADA MARKET YANG KITA TUJU

Tapi Sebelum lebih jauh membahas tentang topic ini, kita pahami dulu pengertian atau Defenisi Branding.  Dan dalam kesempatan kali ini saya ingin mengutip pengertian Branding Menurut Philps Kotler:

Menurut Kotler, pengertian branding adalah pemberian nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi dari kesemuanya, yang dibuat dengan tujuan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk membedakan dari barang atau jasa pesaing,


Karena sebuah brand adalah identitas dan kegiatan branding akan menyangkut pada pengenalan identitas tersebut pada masyarakat, maka dalam proses branding tersebut, kita harus memahami unsur-unsur yang harus disertakan agar produk kita menjadi sebuah brand yang top mind. Adapun Unsur-unsurnya yang harus kita penuhi adalah:

YANG PERTAMA NAMA MEREK
Nama adalah hal pertama yang harus dipenuhi jika kita akan melakukan branding. Tanpa sebuah nama, maka produk tidak akan memiliki identitas yang akan memudahkannya untuk dikenali masyarakat

Nah jika ada dari teman teman ada yang masih kebingungan untuk menentukan nama dari Produk yang anda miliki, mungkin beberapa langkah berikut ini bisa menjadi panduan dalam menentukan sebuah nama untuk Brand anda: 




YANG KEDUA KONSEP LOGO
Dalam pembuatan logo, perhatikanlah faktor keunikan dan ide apa yang anda usung pada produk yang anda buat. Logo yang unik, khas sesuai produk anda  akan meninggalkan kesan tak terlupakan bagi konsumen. Dalam pembuatan logo ada beberapa konsep dalam pembuatan Logo, gambar dibawah ini bisa teman teman jadikan sebagai referensi 



YANG KETIGA TAMPILAN VISUAL

Nah setelah nama atau merek produk sudah ada, kemudian Logo produk sudah dibuat,maka tahap selanjutnya adalah membuat tampilan visual,  ini bisa diaplikasikan pada desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan lain sebagainya. Menggunakan tampilan visual dengan warna-warna yang cerah atau elegan akan menambah pencitraan terhadap sebuah produk. Sekarang teman teman bisa menentukan mau menggunakan pilihan warna apa, dan ingat setiap warna akan memberikan makna tersendiri . 



YANG KEEMPAT JINGEL

Teman teman sekalian untuk item ini, bisa saja tidak ada tapi saya menyarankan sebaiknya direncanakan untuk di adakan kedepannya, jadi mulai sekarang sudah dipikirkan memang akan sepertiapa konsep jingle nya. Karena kehadiran sebuah lagu ATAU jingle  akan melengkapi unsur visualisasi branding dan membuatnya lebih indah dan lebih diingat,

YANG KELIMA SLOGAN, ATAU TAGLINE

Slogan atau Tagline yang cerdas selalu meninggalkan kesan mendalam. Dalam proses pembuatan brand, gunakan kata- kata yang memiliki unsur ceria dan positif, mudah diingat, dan beda dari brand lain.

Oke teman teman, terima kasih untuk sharing kali ini, kalau ada yang ingin bertanya atau berbagi pengalaman langsung aja ya, comment dibawah. Terima kasih 



Komentar

Postingan Populer