SEKEDAR BERBAGI UNTUK KAMU YANG TERKENA PHK




Hari ini tepat bulan ke delapan Indonesia menjalani aktivitas dalam batasan social distancing yang di programkan oleh pemerintah dalam rangka mencegah penularan Virus Covid 19, dimana protokol ini dimulai dengan harus menggunakan masker jika  keluar dari rumah, menjaga jarak minimal satu sampai dua meter (social distancing),menjaga kebersihan dengan menggunakan hand sanitizer, serta penerapan bekerja dari rumah (WFH) untuk perkantoran , diawal semua terasa berat, ada banyak keluhan dan ketidak nyamanan karena kita harus dibatasi dalam ruang gerak,meski itu merupakan hal yang baik untuk kita semua, agar terhindar dari penularan virus covid 19, namun terlepas dari itu ya karena memang esensi dari kita adalah mahluk social  (zoon politicon) tidak bisa terpisah dari interaksi dengan manusia yang lainnya, karena itulah fitrahnya manusia, belum lagi efek domino dari  kebijakan ini yang berimplikasi negatif pada pertumbuhan perekonomian, menyebabkan banyak PHK, banyak usaha yang tutup, anak anak tidak bisa sekolah dan ini semua  juga berdampak secara psikologis bagi kesehatan mental tiap individu terutama yang terdampak secara langsung oleh keadaan ini.

Bicara soal pengangguran akibat dirumahkan, Negara kita saat ini benar benar harus prihatin, hal tersebut juga diungkapkan oleh Direktur Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian PPN/ Bappenas Mahatmi Parwitasari Saronto, dalam berita yang dimuat oleh kompas.com, dirinya menyebutkan, bahwa angka pengangguran ditahun 2020  mencapai sekitar 11 juta orang, dimana bertambahnya angka pengangguran ini didasarkan asumsi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang hingga akhir tahun ini hanya mencapai sekitar minus 0,4 persen hingga 1 persen terhadap produk domestik bruto (PDB). Nah dengan kondisi pertumbuhan ekonomi tersebut, maka diperkirakan hingga akhir tahun  hanya ada 300.000 pekerja yang terserap, jadi kita bisa membayangkan begitu banyak orang yang menganggur ditahun ini.

Dari sisi Ekonomi,masalah pengangguran ini tentu akan sangat berdampak dalam kehidupan sehari hari, karena ini berkaitan dengan income seseorang untuk membiayai kebutuhan sehari hari, makanya hal yang sangat berbahaya dari dampak tidak bekerja ini adalah dari aspek psikologisnya,misalnya yang pertama seseorang bisa menjadi pribadi yang temperamental, ya Karena tekanan sosial dari orang-orang sekitar,misalnya ada tetangga yang bilang, itu lihat sana nganggur gara gara korona kasihan, atau ungkapan ungkapan merendahkan lainnya yang memang rentan mengganggu kestabilan mental orang yang pengangguran. Akibatnya,kondisi kondisi tersebut memunculkan karakter temperamental bagi mereka yang belum siap,karakter ini juga menyebabkan pengangguran berisiko melakukan tindakan kriminal.

Dampak yang kedua adalah bisa menyebabkan menjadi mudah Lupa, hal tersebut terjadi ketika menganggur, biasanya orang cenderung tidak memikirkan sesuatu pekerjaan yang berat. Sayangnya, hal ini malah berdampak pada kinerja otak secara keseluruhan. Daya ingat jadi menurun dan sulit berkonsentrasi saat beraktivitas. Inilah yang membuat pengangguran harus tetap aktif melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat. Nah dampak yang ketiga adalah menjadi  Semakin Sensitif apalagi jika hitungan menganggurnya sudah masuk kategori lama, dimana orang yang sudah lama menganggur akan lebih mudah marah atau tersinggung dan menjadi sangat rendah diri,serta  pada tingkat yang lebih parah, dampak psikologis menganggur juga bisa menyebabkan seseorang menjadi depresi.

Nah dalam kesempatan kali ini, saya ingin sekedar sharing saja, apa yang harus dilakukan, saat kita menjadi salah satu orang yang terdampak dari pengurangan karyawan di kantor,agar bisa meminimalisir dampak negative dari terlalu lama menjadi pengangguran.


MULAILAH MENCARI AKTIVITAS ATAU PEKERJAAN BARU

Persaingan untuk mencari pekerjaan mungkin akan terasa lebih berat pada saat kondisi perekonomian sedang mengalami resesi. Namun yang pasti jangan menyerah, cobalah untuk setiap hari mendaftar pekerjaan yang sesuai minat dan keahlian yang kita miliki. Nah buat teman teman yang memiliki jiwa bisnis maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk memulai bisnis yang mungkin selama ini anda sudah rencanakan.

MANFAATKAN SEMUA RELASI

Relasi adalah kunci untuk lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Manfaatkan relasi yang anda kenal dan sudah bekerja di perusahaan yang anda inginkan atau anda ketahui, hubungi mereka untuk menanyakan mengenai pekerjaan.

BANGUN KEAHLIAN

Sambil menunggu panggilan kerja, atau sambil menjalankan aktivitas bisnis usaha anda, tidak ada salahnya untuk anda mengerjakan beberapa keterampilan yang bisa menambah keahlian yang dimiliki. Hal ini bisa membuat anda  memiliki nilai tambahan untuk dipandang perusahaan saat ada panggilan interview, atau bisa anda memanfaatkan keahlian yang baru untuk membuat bisnis.

 

 


Komentar

Postingan Populer