MENJADI MARKET LEADER DI BISNIS BENGKEL DAN SPAREPART OTOMOTIF

 



Kemajuan Teknologi terutama di Industri otomotif semakin menguatkan aktivitas Inovasi yang tiada henti pada bisnis ini,hampir setiap hari terdapat produk varian baru dari berbagai jenis kendaraan sesuai dengan kebutuhannya, baik untuk kebutuhan transportasi keluarga, bisnis, Industri, maupun lifestyle. Melansir data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo),total penjualan domestik selama 11 bulan tahun 2020 kemarin sebanyak 474.908 unit, tentunya nilai ini sangat jauh dari prestasi tahun sebelumnya dimana angka penjualan mobil secara nasional bisa mencapai 1.030.126 unit. Namun dapat dipahami bahwa menurunnya penjualan kendaraan tahun ini adalah imbas dari menurunnya daya beli masyarakat di masa krisis COVID-19.

 

Terlepas dari hal tersebut, jika kita mencoba untuk menghitung lebih luas lagi terhadap kepemilikan kendaraa di Indonesia, bahwa  terdapat sekitar 146.858.759 unit. Kendaraan bermotor yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia (Data BPS 2020), dimana jumlah ini sudah termasuk jenis motor roda dua dan mobil dengan berbagai peruntukan (kendaraan umum,industry, pribadi dsb), jumlah yang sangat banyak dan tentunya kepemilikan kendaraan ini, memiliki multiplier effect pada aspek industri lain, misalnya kebutuhan komplementer dari kendaraan dalam hal pemeliharaannya, baik itu fasilitas service,penyedia suku cadang, pencucian mobil, dan masih banyak industri turunan akan keberadaan Bisnis otomotif ini.

 

Dari kondisi tersebut tentunya memilih menggeluti unit bisnis dibidang otomotif dalam kategori jasa service (bengkel) dan penjualan spare parts mobil merupakan sebuah pilihan usaha yang cukup menjanjikan, hal ini dikarenakan Demand yang cukup tinggi di Masyarakat, terutama di Kota Kota Besar di Indonesia, sehingga jangan heran jika banyak sekali ditemukan bengkel dengan berbagai konsep yang ada saat ini, mereka bersaing dari segi pelayanan jasa, harga spare part, fasilitas konsumen saat menunggu kendaraan mereka di service serta masih banyak lagi program promo yang ditawarkan untuk pemilik kendaraan .

 

Nah bagi anda bisnis owner terutama untuk Bisnis Bengkel dan penjualan spare parts, beberapa tips ini mungkin bisa dimanfaatkan untuk menjadikan usaha  bengkel anda sebagai  market leader di kota anda saat ini .

 

PILIH SDM TERBAIK UNTUK KARYAWAN TEKNISI ANDA

 

Investasi utama dalam Industri ini adalah tim mekanik terbaik anda, kualitas kerja tim akan menjadi penentu kepuasan konsumen untuk perwatan kendaraan mereka, mampu bekerja dengan cepat, detail, rapih, dan sangat  cepat dalam merespon keluhan konsumen akan menjadi satu nilai yang sangat baik untuk usaha anda.



Memiliki tim yang bagus tentunya akan sangat berkaitan dalam kebutuhan perekrutan karywan serta pelatihan mereka untuk hal ini, sebaiknya usaha anda memiliki SOP yang standard dan bagus untuk dijadikan pedoman kerja bagi setiap tim teknisi.

 

OPTIMALKAN PELAYANAN CUSTOMER SERVICE

 

Untuk point ini tentunya sudah sangat jelas, karena memang pelayanan konsumen menjadi ujung tombak, tetapi yang perlu ditekankan adalah pengetahuan yang cukup mumpuni tentang mesin dan seluk beluknya oleh tim customer service anda, pelayanan yang ramah, murah senyum dan bersahabat merupakan hal yang standar untuk dilakukan.

 

BERIKAN PERHATIAN TERBAIK PADA SUASANA  RUANG TUNGGU

 

Ruang tunggu yang nyaman akan menjadi satu moment yang tidak terlupakan bagi konsumen anda saat menunggu mobilnya sedang dalam perawatan, tidak harus mewah sebab ini berkaitan dengan Investasi pada bisnis anda, tetapi hal dasar yang perlu disediakan adalah ruangan yang bersih dengan penyejuk udara yang memadai usahakan ada ruangan untuk smoking area dan jika perlu sediakan fasilitas wifi agar bisa dimanfaatkan selama proses menunggu.

 

BANGUN DATA BASE KONSUMEN SEBANYAK MUNGKIN

 

Untuk memenangkan persaingan maka dibutuhkan lebih banyak data dibandingkan dengan competitor, terutama data pemilik kendaraan di kota anda, data ini dapat anda peroleh melalui konsumen anda sendiri atau bekerjasama dengan pihak lain misalnya dengan dealer. Dengan adanya database ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk kebutahan komunikasi produk dan jasa layanan untuk usaha kita kepada konsumen tertarget, sehingga optimasi pemasaran akan jauh lebih mudah dan murah jika dikelola sendiri dan dengan data yang benar.

 

BUAT PROGRAM MARKETING YANG CREATIVE UNTUK MENARIK DAN MENJAGA LOYALITAS KONSUMEN

 

Bicara mengenai program marketing yang creative tentu harus dilakukan riset terlebih dahulu mengenai program apa yang cocok untuk dilakukan agar konsumen bisa bertambah atau minimal mempertahankan pelanggan yang sudah ada, dimana konsep creative ini akan lebih baik jika melalu sebuah analisi yang mendalam dari hasil survey atau riset yang dilakukan dengan metode yang benar, karena pada akhirnya program ini  nantinya akan dibiayai tetapi harus memiliki implikasi pada peningkatan market, nah untuk program creative seperti ini kami di IDNESIAN memiliki pengalaman yang sangat panjang dalam mengelola program pemasaran banyak Brand untuk meningkatkan penjualan produk maupun jasa, dengan metode yang dapat diukur tingkat keberhasilannya kami memadukan berbagai pendekatan sesuai dengan behavior  Cosumen yang ada, untuk diskusi dan kebutuhan konsultasi kami dapat dihubungi melalui pesan whatshap di 082189683336

 

 

Komentar

Postingan Populer