MENJADI MARKET LEADER DI BISNIS BENGKEL DAN SPAREPART OTOMOTIF
Kemajuan Teknologi terutama di Industri
otomotif semakin menguatkan aktivitas Inovasi yang tiada henti pada bisnis
ini,hampir setiap hari terdapat produk varian baru dari berbagai jenis
kendaraan sesuai dengan kebutuhannya, baik untuk kebutuhan transportasi
keluarga, bisnis, Industri, maupun lifestyle. Melansir
data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo),total penjualan domestik selama 11 bulan tahun 2020 kemarin sebanyak 474.908
unit, tentunya nilai ini sangat jauh dari prestasi tahun sebelumnya dimana
angka penjualan mobil secara nasional bisa mencapai 1.030.126 unit. Namun dapat
dipahami bahwa menurunnya penjualan kendaraan tahun ini adalah imbas dari
menurunnya daya beli masyarakat di masa krisis COVID-19.
Terlepas dari hal
tersebut, jika kita mencoba untuk menghitung lebih luas lagi terhadap kepemilikan
kendaraa di Indonesia, bahwa terdapat sekitar
146.858.759
unit. Kendaraan bermotor yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia (Data BPS
2020), dimana jumlah ini sudah termasuk jenis motor roda dua dan mobil dengan
berbagai peruntukan (kendaraan umum,industry, pribadi dsb), jumlah yang sangat
banyak dan tentunya kepemilikan kendaraan ini, memiliki multiplier effect pada
aspek industri lain, misalnya kebutuhan komplementer dari kendaraan dalam hal
pemeliharaannya, baik itu fasilitas service,penyedia suku cadang, pencucian
mobil, dan masih banyak industri turunan akan keberadaan Bisnis otomotif ini.
Dari kondisi tersebut tentunya memilih menggeluti unit bisnis
dibidang otomotif dalam kategori jasa service (bengkel) dan penjualan spare
parts mobil merupakan sebuah pilihan usaha yang cukup menjanjikan, hal ini
dikarenakan Demand yang cukup tinggi di Masyarakat, terutama di Kota Kota Besar
di Indonesia, sehingga jangan heran jika banyak sekali ditemukan bengkel dengan
berbagai konsep yang ada saat ini, mereka bersaing dari segi pelayanan jasa,
harga spare part, fasilitas konsumen saat menunggu kendaraan mereka di service
serta masih banyak lagi program promo yang ditawarkan untuk pemilik kendaraan .
Nah bagi anda bisnis owner terutama untuk Bisnis Bengkel dan
penjualan spare parts, beberapa tips ini mungkin bisa dimanfaatkan untuk menjadikan
usaha bengkel anda sebagai market leader di kota anda saat ini .
PILIH SDM TERBAIK
UNTUK KARYAWAN TEKNISI ANDA
Investasi utama dalam Industri ini adalah tim mekanik terbaik
anda, kualitas kerja tim akan menjadi penentu kepuasan konsumen untuk perwatan
kendaraan mereka, mampu bekerja dengan cepat, detail, rapih, dan sangat cepat dalam merespon keluhan konsumen akan
menjadi satu nilai yang sangat baik untuk usaha anda.
Memiliki tim yang bagus tentunya akan sangat berkaitan dalam
kebutuhan perekrutan karywan serta pelatihan mereka untuk hal ini, sebaiknya
usaha anda memiliki SOP yang standard dan bagus untuk dijadikan pedoman kerja
bagi setiap tim teknisi.
OPTIMALKAN PELAYANAN
CUSTOMER SERVICE
Untuk point ini tentunya sudah sangat jelas, karena memang
pelayanan konsumen menjadi ujung tombak, tetapi yang perlu ditekankan adalah
pengetahuan yang cukup mumpuni tentang mesin dan seluk beluknya oleh tim
customer service anda, pelayanan yang ramah, murah senyum dan bersahabat
merupakan hal yang standar untuk dilakukan.
BERIKAN PERHATIAN
TERBAIK PADA SUASANA RUANG TUNGGU
Ruang tunggu yang nyaman akan menjadi satu moment yang tidak
terlupakan bagi konsumen anda saat menunggu mobilnya sedang dalam perawatan,
tidak harus mewah sebab ini berkaitan dengan Investasi pada bisnis anda, tetapi
hal dasar yang perlu disediakan adalah ruangan yang bersih dengan penyejuk
udara yang memadai usahakan ada ruangan untuk smoking area dan jika perlu
sediakan fasilitas wifi agar bisa dimanfaatkan selama proses menunggu.
BANGUN DATA BASE KONSUMEN
SEBANYAK MUNGKIN
Untuk memenangkan persaingan maka dibutuhkan lebih banyak data
dibandingkan dengan competitor, terutama data pemilik kendaraan di kota anda,
data ini dapat anda peroleh melalui konsumen anda sendiri atau bekerjasama
dengan pihak lain misalnya dengan dealer. Dengan adanya database ini nantinya
bisa dimanfaatkan untuk kebutahan komunikasi produk dan jasa layanan untuk
usaha kita kepada konsumen tertarget, sehingga optimasi pemasaran akan jauh
lebih mudah dan murah jika dikelola sendiri dan dengan data yang benar.
BUAT PROGRAM MARKETING
YANG CREATIVE UNTUK MENARIK DAN MENJAGA LOYALITAS KONSUMEN
Bicara mengenai program marketing yang creative tentu harus
dilakukan riset terlebih dahulu mengenai program apa yang cocok untuk dilakukan
agar konsumen bisa bertambah atau minimal mempertahankan pelanggan yang sudah
ada, dimana konsep creative ini akan lebih baik jika melalu sebuah analisi yang
mendalam dari hasil survey atau riset yang dilakukan dengan metode yang benar,
karena pada akhirnya program ini nantinya
akan dibiayai tetapi harus memiliki implikasi pada peningkatan market, nah
untuk program creative seperti ini kami di IDNESIAN memiliki pengalaman yang
sangat panjang dalam mengelola program pemasaran banyak Brand untuk
meningkatkan penjualan produk maupun jasa, dengan metode yang dapat diukur
tingkat keberhasilannya kami memadukan berbagai pendekatan sesuai dengan
behavior Cosumen yang ada, untuk diskusi
dan kebutuhan konsultasi kami dapat dihubungi melalui pesan whatshap di
082189683336
Komentar