SEBELUM MEMILIH BENGKEL UNTUK PERAWATAN MOBIL, DUA DARI TIGA KONSUMEN CARI INFO DI GOOGLE
Pemanfaatan smartphone dan
fasilitas internet memiliki peran penting dalam menentukan
keputusan dalam penentuan Bengkel untuk perawatan Mobil. Hal ini
dibuktikan dengan data bahwa 73% pemilik mobil di Indonesia menggunakan
internet untuk mencari informasi tentang bengkel yang akan digunakan.
Demikian temuan
google tentang karakter pemilik mobil di Indonesia .Riset melibatkan
508 Responden pengguna digital,berusia sekitar 30 tahun berpenghasilan Rp.15Juta hingga 20 juta perbulan, domisilinya tersebar diberbagai kota di Indonesia
dan merupakan pembeli mobil Baru
Dimana dalam hasil l riset
ini menjelaskan bahwa sebagian besar (67%) konsumen menggunakan Google
Search untuk mulai mencari informasi tentang bengkel yang bagus untuk
digunakan perawatan mobil,termasuk didalamnya pelayanan dan perlengkapan
penjualan spare parts mobil yang ingin dibeli . Dalam sehari mereka melihat
layar seluler hingga 150 kali.
Di Indonesia
merawat mobil sudah menjadi demand yang cukup
tinggi,hal ini dikarena memang tingkat kepemilikan kendaraan pribadi yang
memang sangat banyak, dan membuat konsumen menjadi harus lebih selektif dalam
memilih tempat perawatan kendaraan mereka, butuh waktu berminggu minggu untuk
menentukan pilihan. Bahkan 72% pemilik mobil di Indonesia memerlukan setidaknya
dua minggu untuk memilih bengkel mana yang menurut mereka bagus.
Temuan penting lain terkait
karakter konsumen dalam menentukan bengkel mobil yang bagus adalah kebanyakan
menginginkan bengkel mobil terbaik, “Pertanyaan yang paling sering dicari
pemilik mobil di Indonesia adalahBengkel terbaik , pertanyaan ini paling sering
di ajukan (98%) .
Selain mencari bengkel
mobil terbaik, sebanyak 83% pembeli mobil baru mencari informasi dengan cara
melihat video di Youtube terlebih dahulu. Survey ini menunjukkan
bahwa melihat tampilan video dapat mengubah pendapat konsumen tentang
bengkel mobil .
Konsumen di Indonesia juga ingin mendapatkan penawaran terbaik, sebanyak 93% pemilik mobil mencari tahu penawaran terbaik yang bisa mereka dapat. Mereka dihadapkan dengan berbagai macam informasi, namun jenis informasi yang paling persuasif adalah promo dari bengkel mobil,terkait harga paket jasa perawatan .
Terkait penggunaan
perangkat seluler untuk menentukan tempat perawatan mobil, sebanyak
52%pemilik mobil di Indonesia mencari dealer resmi atau bengkel alternative
lewat internet. Menandakan bahwa perangkat seluler sangat mempengaruhi
bengkel yang dipilih.
Penelitian ini menunjukkan
bahwa perangkat seluler dan internet sudah begitu lekat dengan cara konsumen
memilih bengkel untuk perawatan mobil nya, dan sepertinya hal ini akan terus
meningkat dimasa mendatang.Konsumen menginginkan pengalaman yang
mudah dan sederhana saat melakukan perawatan mobil, semudah saat melakukan
aktivitas pada umumnya. Bahkan 49% diantaranya berkata bahwa mereka tidak
keberatan melakukan perawatan kendaraan dengan sistem pelayanan secara online,
jika diberi pilihan semacam itu.
Pemilik Bengkel mobil
kini dihadapkan oleh konsumen yang kaya informasi . Tentu saja ini
akan mendatangkan tantangan tersendiri, meski demikian, jika Perusahaan
bengkel mobil bisa menyediakan informasi yang relevan bermanfaat,
dan pada momen yang tepat di perangkat seluler, hal ini bisa mendatangkan
keuntungan di era yang begitu mengandalkan seluler.
Tips untuk divisi PR
Perusahaan Bengkel Mobil
- Pastikan membuat
konten yang relevan dan berguna – karena website saat ini dianggap sama
seperti showroom yang mampu memberikan informasi yang
banyak dan detail terhadap produk.
- Buat Kampanye
pemasaran versi mobile-nya. Mengingat informasi tersebut banyak diakses
oleh calon pembeli mobil melalui perangkat smartphone.
- Manfaatkan pencarian
(Kata Kunci ) dan Video untuk memaksimalkannya
Komentar