SEBELUM MEMILIH BENGKEL UNTUK PERAWATAN MOBIL, DUA DARI TIGA KONSUMEN CARI INFO DI GOOGLE

Pemanfaatan smartphone dan fasilitas internet memiliki peran  penting dalam menentukan keputusan dalam penentuan Bengkel  untuk perawatan Mobil. Hal ini dibuktikan dengan data bahwa 73% pemilik mobil di Indonesia menggunakan internet untuk mencari informasi tentang bengkel yang akan digunakan.


Demikian temuan google  tentang karakter pemilik mobil di Indonesia .Riset melibatkan 508 Responden pengguna digital,berusia sekitar 30 tahun berpenghasilan Rp.15Juta hingga 20 juta perbulan, domisilinya tersebar diberbagai kota di Indonesia dan merupakan pembeli mobil Baru

Dimana dalam hasil l riset ini menjelaskan bahwa sebagian  besar (67%) konsumen menggunakan Google Search untuk mulai mencari informasi tentang bengkel yang bagus untuk digunakan perawatan mobil,termasuk didalamnya pelayanan dan perlengkapan penjualan spare parts mobil yang ingin dibeli . Dalam sehari mereka melihat layar seluler hingga 150 kali.

Di Indonesia merawat  mobil sudah menjadi demand yang cukup tinggi,hal ini dikarena memang tingkat kepemilikan kendaraan pribadi yang memang sangat banyak, dan membuat konsumen menjadi harus lebih selektif dalam memilih tempat perawatan kendaraan mereka, butuh waktu berminggu minggu untuk menentukan pilihan. Bahkan 72% pemilik mobil di Indonesia memerlukan setidaknya dua minggu  untuk memilih bengkel mana yang menurut mereka bagus.

Temuan penting lain terkait karakter konsumen dalam menentukan bengkel mobil yang bagus adalah kebanyakan menginginkan bengkel mobil terbaik, “Pertanyaan yang paling sering dicari pemilik mobil di Indonesia adalahBengkel terbaik , pertanyaan ini paling sering di ajukan (98%) .

Selain mencari bengkel mobil terbaik, sebanyak 83% pembeli mobil baru mencari informasi dengan cara melihat video  di Youtube terlebih dahulu. Survey ini menunjukkan bahwa melihat tampilan video dapat mengubah pendapat konsumen tentang bengkel  mobil .

Konsumen di Indonesia juga ingin mendapatkan penawaran  terbaik, sebanyak 93% pemilik mobil mencari tahu penawaran terbaik yang bisa mereka dapat. Mereka dihadapkan dengan berbagai macam informasi, namun jenis informasi yang paling persuasif adalah promo dari bengkel mobil,terkait harga paket jasa perawatan . 

Terkait penggunaan perangkat seluler untuk menentukan tempat  perawatan mobil, sebanyak 52%pemilik mobil di Indonesia mencari dealer resmi atau bengkel alternative lewat internet. Menandakan bahwa perangkat seluler sangat mempengaruhi bengkel  yang dipilih.

Penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat seluler dan internet sudah begitu lekat dengan cara konsumen memilih bengkel untuk perawatan mobil nya, dan sepertinya hal ini akan terus meningkat dimasa mendatang.Konsumen menginginkan pengalaman  yang mudah dan sederhana saat melakukan perawatan mobil, semudah saat melakukan aktivitas pada umumnya. Bahkan 49% diantaranya berkata bahwa mereka tidak keberatan melakukan perawatan kendaraan dengan sistem pelayanan secara online, jika diberi pilihan semacam itu.

Pemilik Bengkel mobil kini  dihadapkan oleh konsumen yang kaya informasi . Tentu saja ini akan mendatangkan tantangan tersendiri, meski demikian, jika Perusahaan bengkel  mobil bisa menyediakan informasi yang relevan bermanfaat, dan pada momen yang tepat di perangkat seluler, hal ini bisa mendatangkan keuntungan di era yang begitu mengandalkan seluler.

Tips untuk divisi PR Perusahaan Bengkel Mobil

  • Pastikan membuat konten yang relevan dan berguna – karena website saat ini dianggap sama seperti showroom yang mampu memberikan informasi yang banyak dan detail terhadap produk.
  • Buat Kampanye pemasaran versi mobile-nya. Mengingat informasi tersebut banyak diakses oleh calon pembeli mobil melalui perangkat smartphone.
  • Manfaatkan pencarian (Kata Kunci ) dan Video untuk memaksimalkannya

 

 

 

Komentar

Postingan Populer